Header Ads

Backup Semua Aplikasi yang Terinstal di Linux Mint / Ubuntu


Ingin backup aplikasi yang sudah terinstall di Linux Mint/Ubuntu?
Kali ini saya akan memberikan sedikit tutorial mengenai 'Backup Semua Aplikasi yang Sudah Terinstall di Linux Mint/Ubuntu'.

Kali ini saya akan menggunakan "dpkg-repack" dan "fakeroot" .

Langsung saja ikuti turorial berikut ini :

1. Langkah pertama,Buka Terminal dengan menekan tombol CTRL+ALT+T.
Masuk sebagai SuperUser. ketikan perintah :
~$ sudo su     [enter] Kemudian Masukan Password Komputer kalian

2. Silahkan kalian install aplikasi 'dpkg-repack' dan 'fakeroot' nya. Dengan Mengetikan di Terminal :
# apt-get install dpkg-repack fakeroot

3. Buat folder untuk menampung file *.deb yang akan di backup.
Kali ini saya akan membuat folder  'backup'.
# mkdir backup

Kemudian masuk dalam direktori tersebut
# cd backup

4. Saat yang kita tunggu-tunggu. Backup SEMUA aplikasi yang sudah terinstall dengan mengetikan perintah berikut :
# fakeroot -u dpkg-repack `dpkg --get-selections | grep install | cut -f1`

5. Langkah diatas untuk membackup semua aplikasi. Pada langkah ke 5 ini kita akan membackup 1 aplikasi saja. Contoh, saya akan membackup aplikasi GIMP.
 # fakeroot -u dpkg-repack gimp

6. Langkah Terakhir, Jika ingin menginstall aplikasi tersebut, ketikan di Terminal :
# dpkg -i [nama_file].deb
Pada contoh, saya akan install aplikasi yang GIMP yang sudah saya backup tadi.
# dpkg -i gimp_2.8.10-0ubuntu1_amd64.deb

Sekian Tutorial dari Saya..
Terima Kasih..
#SalamOpenSource
Sumber : Blog Sebelah

Tidak ada komentar