Header Ads

Mengatasi tidak bisa install aplikasi Linux Mint lewat Terminal (apt-get ...)

Apa kalian pernah mengalami hal seperti saya?
Tidak bisa install aplikasi di Linux Mint lewat Terminal (apt-get install ...)
Ataupun dibuat update aja tidak bisa.

Berbagi pengalaman, saat saya install CMS, ternyata CMS tersebut membutuhkan PHP Curl.
saat saya install lewat terminal #apt-get install php5-curl
Keluar output :  E: Unable to locate package php5-curl

saya sendiri bingung, cari di google lama banget..
Akhirnya saya nemu perintah-perintah berikut. (masuk sebagai super user)

#dpkg --configure -a
#apt-get clean
#apt-get autoclean
#apt-get update

Jika perintah diatas masih tidak bisa, ikuti langkah berikut ini.
 #rm /var/lib/apt/lists/* -vf



Kemudian coba di update dulu #apt-get update
Waah. Kok jadi error?
E: Could not get lock /var/lib/apt/lists/lock - open (11: Resouce temporarily unavailable)
E : Unable to lock directory /var/lib/apt/lists/ 
Tenang saja.. Jangan panik..

Kerikan perintah berikut di Terminal.
#rm /var/lib/apt/lists/lock

Jika sudah, coba di update.. Selesai deh..

Sekarang kita sudah bisa install aplikasi yang kita inginkan

Cukup itu yang bisa saya berikan kepada klain semua..
Terima Kasih

Tidak ada komentar