Header Ads

Mengatasi Wifi Tidak ON di Linux Mint 17.1 Rebecca (Cinnamon) Lenovo G40-30 Secara Sementara

Kalian pernah mengalami WiFi tidak bisa ON setelah install OS Linux Mint 17.1?
Jika iya, Kalian sama seperti admin. Saya sendiri Sudah install OS 3 Kali. (Linux Mint 17.1 Rebecca (Cinnamon), Ubuntu 14.04 LTS, dan yang terakhir kembali ke Linux Mint 17.1 Rebecca (Cinnamon)).
Setelah install Linux Mint 17.1 Rebecca (Cinnamon) saya bingung, Ada Menu WiFi nya, tapi saat di ON kan kembali lagi menjadi OFF. Atau saya menyebutnya WiFi memantul :D

Spesifikasinya :
Laptop : Lenovo G40-30
OS : Linux Mint 17.1 Rebecca (Cinnamon)

Pertama saya cari di Google, sulit nemunya, soalnya banyak yang pake Bahasa Inggris. Saya sendiri belum fasih Bahasa Inggris. Banyak Saran dari teman-teman juga katanya suruh ini itu, Tapi masih juga belum Bisa di ON kan.
Pada akhirnya saya nemu situs Ubuntu Forums, saya coba-coba ketik perintah-perintah itu di Terminal, Alhamdulillah.. Wifi Bisa Di Connect ..

Langsung saja saya kasih Tutorialnya..
1. Buka Terminal. (Start -> Terminal) atau menggunkan shortcut di Keyboard, Tekan CTRL + ATL + T.

2. Kemudian kalian ketikan perintah  
~$ su [enter]
Masukan Password SuperUser kalian. Lalu Enter.

3. Jika sudah coba cek, dengan mengetikkan
# rfkill list [enter]
Langkah diatas tertulis :
0: ideapad_wlan: Wireless LAN
Soft blocked: no
Hard blocked: yes


Cara mengatasinya mudah.

4. Ketikan di Terminal :

# sudo modprobe -r ideapad-laptop [enter]



Jika sudah, coba cek Wifi Kalian, apa sudah bisa atau belum.. Jika sudah, Bersyukurlah pada yang Maha Esa. 

5. Jika sudah ketikan lagi perintah berikut di Terminal :

# rfkill unblock all [enter]

6. Langkah terakhir, cek lagi.

Ketiak di Terminal :  
 # rfkill list [enter]




Selesai sudah tutorial tersebut. Silahkan Cek WiFi Kalian apa sudah bisa terkonek atau belum..

Catatan : Jika laptop dimatikan atau di restart, WiFi tidak bisa terkonek lagi. Silahkan ikuti langkah diatas lagi..

Terima Kasih.. 
Sumber : Ubuntu Forums


Tidak ada komentar