Header Ads

Cara Instalasi CMS Balitbang V.3.5.2

Cari CMS untuk website Sekolah? Atau sudah punya cms, tapi nggak bisa instalalasinya?Saya sarankan pake CMS Balitbang. Kali ini saya akan menjelaskan Cara instalasi CMS Balitbang v.3.5.2 menggunakan OS Windows.

Pastikan Kalian Sudah Download File CMS Balitbang v.3.5.2 dan Sudah install Server Lokal Seperti XAMPP.

Langsung saja ikuti langkah-langkah berikut ini :
1. Extract dulu file CMS Balitbang v.3.5.2, dan Rename folder dengan nama yang kalian hendaki. Kalau saya dengan nama 'rpl'.
Jika sudah, copy/cut folder 'rpl' tersebut ke direktori 'C:/Xampp/htdocs/'.

2. Silahkan Kalian Buat Database Baru di 'http://localhost/phpmyadmin/'.
Kalau saya, buat database dengan nama 'dbrpl'


3. Jika sudah, buka cms tersebut di Browser. Ketikan di Address Bar : http://localhost/rpl/
 Akan muncul tampilan seperti ini :
Klik 'Saya Setuju'.

4. Akan muncul tampilan untuk Memilih Jenis Sekolah yang ingin dijadikan CMS. Saya akan memilih 'Sekolah Menengah Kejuruan'.
5. Lalu pada List Menu 'Paket' silahkan kalian pilih. Kalau saya Memilih Paket 'Lengkap'
6. Silahakan Isi Data pada 'Konfigurasi CMS Balitbang'.

Jika Sudah Klik 'Install'.

7. Maka akan muncul tampilan seperti ini :
8. Jika ingin melihat Web kalian, silahkan klik 'Lihat Web'. Maka akan muncul seperti ini :
Jika kalian ingin masuk sebagai Admin, Silahkan Klik 'Login Admin' di halaman tadi. atau ketikan di Address Bar : http://localhost/rpl/admin/index.php
Akan muncul halaman Login Admin :

Ini yang bisa saya edit
 
Jika Sudah, Silahkan Kembangkan Sendiri..
Terima Kasih.

Tidak ada komentar